Rabu, 15 Februari 2017

MPD Buka Pendaftaran Beasiswa

MPD Buka Pendaftaran Beasiswa

* Khusus Beasiswa Tugas Akhir untuk Mahasiswa Miskin
LHOKSEUMAWE - Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Aceh Utara, kembali membuka pendaftaran pengajuan proposal beasiswa bagi mahasiswa miskin yang sedang menyusun tugas akhir/skripsi/tesis dan disertasi, untuk dicairkan pada 2018. Masa penerimaan berkas dibuka mulai 30 Januari sampai 3 Maret 2017.
Ketua MPD Aceh Utara, Drs Ibrahim Bewa kepada Serambi, Rabu (25/1) mengatakan, pihaknya akan segera menyurati semua perguruan tinggi yang ada di seluruh Aceh dan di luar Provinsi Aceh yang menampung mahasiswa asal Aceh Utara, untuk memberitahukan informasi tentang beasiswa tersebut.
Beasiswa tugas akhir untuk mahasiswa miskin itu, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) Aceh Utara. “Kita harapkan proses seleksi beasiswa ini bisa tuntas pada bulan Mei mendatang, sehingga dapat diajukan ke Pemkab Aceh Utara sebelum pembahasan anggaran tahun 2018,” kata Ibrahim Bewa kepada Serambi, kemarin.
Ibrahim Bewa menyebutkan, alokasi beasiswa untuk masing-masing jenjang berbeda. Bagi mahasiswa Diploma Tiga (D-III) akan mendapat Rp 800 ribu, D-IV dan S1 Rp 1 juta, S2 Rp 2 juta dan S3 Rp 3 juta. “Namun jika nanti anggarannya bertambah, jumlah beasiswa yang akan diberikan juga bertambah,” katanya.
Sementara persyaratan untuk mendapatkan beasiswa tersebut, antara lainmemiliki kartu tanda penduduk (KTP) Aceh Utara. Melampirkan foto kopi kartu keluarga (KK) dilegalisir keuchik, KTP, surat keterangan miskin dari keuchik, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3, bukti pembayaran SPP, dan buku rekening bank.
“Persyaratan lengkap nanti akan ditempelkan saat jadwal penerimaan proposal beasiswa dibuka,” katanya.
Ditambahkan, beasiswa tersebut tidak berlaku bagi PNS dan karyawan BUMD/BUMN. “Setelah penerimaan berkas, kita akan verifikasi. Kita juga akan berkunjung ke rumah calon penerima beasiswa, untuk melihat apakah mereka layak menerima beasiswa atau tidak, sehingga beasiswa tersebut benar-benar tepat sasaran,” demikian Ibrahim Bewa.(jaf)
* syarat pemohon beasiswa
- Mahasiswa D-3/D-4/S1/S2/S3 ber-KTP Aceh Utara
- Fotokopi kartu keluarga (KK) yang dilegalisir keuchik
- Melampirkan fotokopi KTP
- Melampirkan surat keterangan miskin dari keuchik
- Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3
- Melampirkan bukti pembayaran SPP
- Melampirkan buku rekening bank
- Beasiswa ini tidak berlaku bagi PNS dan karyawan BUMD/BUMN
- Pendaftaran mulai 30 Januari sampai 3 Maret 2017

0 komentar:

Posting Komentar